-->

Megaproyek Bandara Kulonprogo; Penentuan Lokasi Bandara

Megaproyek Bandara Kulonprogo;  Penentuan Lokasi Bandara

Megaproyek Bandara Kulonprogo
Jarak ke Stasiun Wates Hanya 14 Kilometer



WATES - Pemprov DIY setuju lokasi bandara internasional pengganti Bandara Adisutjipto ada di Desa Palihan, Temon, Kulonprogo. Lokasi ini dinilai paling ideal dari tiga alternatif yang disodorkan Pemkan Kulonprogo. 

Dua lokasi lain ada di Kecamatan Galur dan Kecamatan Panjatan. Di Palihan, areal bandara nanti akan mengambil lahan Pakualaman Ground dari sebelah barat Kali Serang hingga timur Pantai Congot di sisi timur sungai Bogowonto.
 
Di desa ini lokasi tanah PAG cukup luas dan memiliki berbagai keunggulan yang tidak dimiliki oleh wilayah Panjatan dan Galur. Akses jalan untuk menuju ke lokasi ini bagus, hanya berjarak sekitar satu kilometer dari jalur Daendels yang menghubungkan kabupaten Kulonprogo dengan Purworejo dan Kulonprogo dengan Bantul.
 
Selain memiliki akses yang jalan darat yang  cukup memadai, wilayah Palihan ini juga dekat dengan Stasiun KA Wates, hanya berkisar 14 kilometer. Sementara untuk sumber air juga dinilai cukup memadai. Dua sungai besar yang mengapit wilayah Paliyan, sungai Serang di wilayah Glagah dan sungai Bogowonto di wilayah Temon memiliki aliran yang cukup besar.

Pemerintah Kulonprogo juga sudah menyiapkan alternatif sumber air, yaitu dari Kali Progo dan Waduk Sermo. Kepala Desa Palihan, Kaliso (50) mengatakan, wilayahnya tidak pernah banjir walaupun diapit sungai besar.

"Juga tidak kena dampak sewaktu terjadi gempa bumi dasyat di Yogyakarta pada 2006 lalu," katanya. Kaliso juga mengatakan kalau, tanah PA yang ada di wilayah desa Palihan ini diolah oleh warga untuk pertanian. 

Warga masyarakat menanam semangka, melon dan cabai di lahan pasir ini. Lahan PA ini berjarak sekitar 50 meter dari Pantai Paliyan dan sekitar 500 meter dari pemukiman warga.

(http://jogja.tribunnews.com/)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2011-2024 JURUGAN INFO TERBARU 2024 | All Right Reserved | Supported by: MENOREH MEDIA