10 Strategi Bisnis Usaha Laundry

10 Strategi Bisnis Usaha Laundry

10 Strategi Bisnis Usaha Laundry - Tips Usaha Laundry atau jasa cuci pakaian saat ini berkempang sangat pesat, tidak hanya di perkotaan saja tetapi sudah merambah sampai tingkat pelosok pedesaan, gaya hidup praktis dan kesibukan orang menjadi salah satu faktor mengapa usaha loundry ini mudah dan cepat berkembang di berbagai tempat. Kegiatan mencuci pakaian merupakan aktifitas rutin yang dilakukan oleh setiap orang tetapi tidak semua orang memiliki cukup waktu untuk melakukan kegiatan mencuci pakaian mereka yang kotor. Hampir di setiap tempat kita jumpai jasa loundry dan hampir semua tempat loundy laris manis, melihat situasi yang terjadi, maka membuka bisnis usaha laundry adalah peluang yang tepat dan menjanjikan.
Strategi Bisnis Usaha Laundry

Strategi Cara Memulai Bisnis Usaha Laundy

Meskipun cukup mudah, bagaimana strategi dan cara untuk memulai bisnis usaha laundry yang tepat? Membuka usaha laundry memang tidak terlalu sulit, tidak membutuhkan skill yang tinggi maupun modal yang besar, yang paling penting adalah niat dan kemauan untuk menjalankan bisnis tersebut. Cukup dengan pengetahuan seputar cara mencuci yang benar dan tepat, cara menghilangkan noda membande, cara mengyunakan mesin cuci, cara menyetrika maupun hal-hal lain yang terkait. Bagi Anda yang ingin membuka usaha laundry kiloan dan mengembangkannya, ikuti beberapa tips berikut ini :

Survey


Lakukan survey kecil sebelum anda menjalankan usaha laundry ke beberapa tempat usaha laundry yang ada di dekat lokasi rencana Anda membuka usaha. Survey ini bertujuan untuk mengetahui berapa harga pasaran yang ada di daerah tersebut, durasi waktu laundry, fasilitas layanan apa saja yang diberikan oleh masing-masing usaha laundry dan sebagainya.Selain itu anda juga bisa bertanya kepada para konsumen yang telah menggunakan jasa laundry, alasan mengapa mereka memilih laundy di tempat tersebut karena biasanya mereka udah jadi pelanggan setia.

Modal


Sebagai persiapan awal membuka usaha tentunya anda harus memiliki modal, untuk digunakan membeli peralatan dan perlengkapan usaha laundry, misalnya: mesin cuci, sabun cuci, pewangi pakaian, bahan yang diperlukan untuk mencuci, setrika, plastik pembungkus serta keperluan laundry lainnya. Untuk permulaan cukup membeli 2 unit mesin cuci, setrika biasa dan setrika uap, pewangi secukupnya, maupun kebutuhan yang lain sesuai keperluan saja supaya tidak pemborosan.

Tempat


Salah satu faktor yang tidak kalah penting dalam membuka uaha adalah lokasi atau tempat usaha. Pilihlah lokasi yang tepat, misalnya: terdapat banyak tempat kos, apartemen, hotel, kampus dan sebagainya. Pertimbangannya adalah karena peluang mereka untuk menjadi konsumen setia Anda sangat besar mengingat keterbatasan waktu, tempat serta tenaga mereka karena aktivitas yang padat.

Tenaga Kerja Berpengalaman


Silahkan anda cari dan ajak 1 atau 2 orang untuk membantu pekerjaan laundry sesuaikan dengan kebutuhan pekerjaan, misalnya sebagai tukang cuci, tukang setrika, membungkus dan sebagainya. Pilihlah mereka yang sudah memiliki pengalaman yang cukup agar hasilnya memuaskan konsumen. Masalah sistem penggajian dengan gaji bulanan maupun dengan sistem bagi hasil per kilogram pakaian atau silahkan anda atur supaya saling menguntungkan kedua-belah pihak.

Harga Tepat


Harga juga merupakan salah satu faktor penting dalam menentukan keberhasilan suatu bisnis, tentukan harga perkilo jasa laundry dengan pertimbangan harga pasaran yang ada di sekitar lokasi. Sebagai strategi awal, silahkan berikan harga yang lebih murah dibanding tempat lainnya.

Discount

Salah satu strategi untuk menyiasati pesaing yang ada yaitu dengan memberikan diskon, misalnya: laundry 10 kilogram akan gratis 1 kilogram, ataupun dengan strategi lain yang menarik.

Jaga Kualitas

Kualitas layanan merupakan salah satu pertimbangan mengapa konsumen tetap setia bertahan menjadi pelanggan anda. Sebagai contoh; menjaga kualitas kebersihan pakaian hasil laundry, rapi, wangi dan sebagainya.  

Layanan Expres

Strategi yang satu ini dapat anda lakukan dengan memberikan layanan paket laundry cepat, misalnya 1 hari jadi, 3 jam jadi dan sebagainya. Tentunya untuk layanan yang satu ini dengan harga yang berbeda dengan jasa laundry yang normal sekitar 3 hari.

Promosi

Salah satu faktor suksesnya bisnis adalah dengan melalkukan kegiatan promosi. Hal ini bisa anda lakukan dengan cara membuat dan menyebar brosur ke tempat kos, hotel, apartemen, rumah penduduk maupun tempat lain yang tepat supaya usaha laundy anda dapat dikenal masyarakat luas sehingga nantinya akan berdampak meningkatnya jumlah konsumen laundry Anda.

Layanan Antar Jemput

Strategi yang terakhir ini masih jarang dilakukan oleh para pengusaha laundry. Hal ini dapat anda lakukan untuk menarik konsumen supaya lebih praktis dan memudahkan konsumen. Tentunya anda batasi dengan syarat minimal berapa kilogram baju maupun dengan jarak lokasi tertentu yang tidak terlalu jauh dari tempat usaha anda.

Itulah 10 Strategi Cara Bisnis Usaha Laundry yang dapat Anda coba, Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk menambah referensi peluang usaha bisnis skala rumahan dengan modal yang kecil dan dapat Anda lakukan sendiri di rumah.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2011-2020 JURUGAN INFO | All Right Reserved