-->

65 TEMPAT WISATA DI KULON PROGO JOGJA TERBARU

65 TEMPAT WISATA DI KULON PROGO JOGJA TERBARU

65 Daftar Tempat Wisata Terbaru di Kulon Progo Yogyakarta. Siapa yang tidak kenal Kabupaten Kulon Progo? Adanya rencana pembangunan Bandara Udara New Yogyakarta International  Airport (NYIA) di Kabupaten Kulon Progo semakin meningkatkan popularitas wilayah yang satu ini. Kulon progo merupakan salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta yang berada di sebelah barat kota Yogjakarta.

Kabupaten ini memiliki batas dengan  Kabupaten Sleman dan Kabupaten Bantul di timur, Samudera Hindia di selatan, Kabupaten Purworejo di barat, serta Kabupaten Magelang di utara. Ada beberapa destinasi wisata yang menarik di Kabupaten Kulon Progo ini. Dalam artikel ini kamisajikan tempat wisata menarik yang cukup populer di Kulon Progo yang tentunya dapat Anda dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata di waktu mendatang.

Berikut ini Daftar Objek Wisata Terkenal yang layak Anda Kunjungi di kabupaten Kulon progo:

1. Wisata Alam Kalibiru 

Wisata alam Kalibiru, Kalibiru terletak di wilayah Desa Hargowilis, Kokap, Kulon Progo. Kalibiru masuk kedalam desa wisata, sehingga yang mengelola Kalibiru adalah warga setempat. Di Kalibiru kita dapat menikmati keindahan perbukitan menoreh, dan juga keindahan Waduk Sermo. Kalibiru merupakan salah satu wisata alam yang terkenal dan sekarang sering dikunjungi, mungkin karena namanya yang unik dan juga keindahan alam yang disajikan tidak mengecewakan pengunjung. Tidak hanya itu, wisata Kalibiru juga terdapat tempat outbound, bagi pengunjung yang ingin flyingfox bisa membayar ke petugas outbound.

2. Waduk Sermo

Inilah salah satu kebanggaan Kulon Progo, tempat wisata yang sudah ada sejak beberapa tahun yang lalu. Waduk Sermo merupakan sebuah waduk berukuran besar yang di kelilingi perbukitan yang terletak di desa Hargowilis, Kokap, KulonProgo, Yogyakarta. Sebuah waduk yang berada di dataran tinggi dari kota yogyakarta. Jika ingin menikmati wisata alam yang berhubungan dengan air, anda tidak harus datang ke pantai, berwisata ke waduk sermo anda akan dimanjakan oleh keindahan waduk beserta kesejukan alamnya.

3. Pantai Glagah Indah
Pantai Glagah merupakan salah satu pantai terkenal di Jogjakarta yang berbatasan dengan Samudera Hindia yang terdapat di Kulon Progo. Lokasi pantai ini adalah sekitar 40 km dari Kota Yogyakarta atau jika dari Kota Wates jaraknya 15 km. Wisata pantai di Kulon Progo ini sangat potensial sekali untuk dikembangkan lebih lanjut. Pantai Glagah ini selalu banyak dikunjungi oleh wisatawan baik mancanegara maupun lokal terutama saat musim liburan tiba.
4. Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo merupakan puncak tertinggi di Perbukitan Menoreh yang terdapat di Kulon Progo Yogyakarta. Tempat ini terkenal dengan pemandangannya yang indah serta adanya beberapa pertapan yang bersejarah. Dari puncak Suroloyo ini anda dapat melihat Candi Borobudur dari atas bukit. Di Puncak Suroloyo di Kulon Progo ini terdapat 3 buat pertapan yaitu Pertapaan Suroloyo, Pertapan Sariloyo dan Pertapan Kaendran. Keberadaan PuncakSuroloyo ini tak lepas dari sebuah kisah yang menyyelimutinya. Kisah ini beraal dari tulisan Ngabehi Yosodipuro dalam kitabnya Cabolek. Dalam kisah ini mengisahkan Mas Rangsang yang merupakan putra mahkota Kerajaan Mataram Islam yang menerima wangsit apabila ingin menguasai Tanah Jawa maka dirinya harus mau menempuh perjalanan dari KEraton Mataram ke arah barat sejauh 40 km. Dalam perjalannya tersebut Raden as Rangsang sampai di Perbukitan Menoreh. Karena kelelahan beliau pingsan di suatu tempat di puncak Bukit Menoreh. Dalam pingsannya Raden Mas Rangsang menerima wangsit lagi agar melakukan tapa atau semedi di tempat ia pingsan tersebut. Tempat pingsan ini berada di Puncak Suralaya yang kemudian dibangun pertapan ini. Sedangkan Raden Mas Rangsang sendiri di kemudian hari menjadi Raja Mataram dan diberi gelar Sultan Agung Hanyokrokusumo. Dalam masa pemerintahannya Kerajaan Mataram mencapai puncak kejayaan.

5. Goa Kiskendo

Wisata Goa Kiskendo Kulon Progo menawarkan pemandangan alam yang sangat menawan berupa stalagtit dan stalagmit yang terdapat di dalam goa yang membentuk gugusan yang sangat indah. Goa Kiskendo terdapat di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta. Ada cerita menarik di balik keberadaan Goa Kiskendo ini, dimana menurut mitos yang dipercaya masyarakat, Goa ini merupakan tempat pertempuran antara Maesosuro-Lemusuro melawan Sugriwo-Subali, dimana kisah pertempuran ini diceritakan dalam dinding goa berupa relief.

6. Waduk Mini Kleco 
Wisata alam Waduk mini kleco ini berada di di dusun ngesong, desa Giripurwo, Girimulyo, kulonprogo, yogyakarta. Wisata alam ini di resmikan sekitar pertengahan tahun 2014. Wisata alam ini diberi nama waduk mini kleco, kenapa diberi nama waduk mini? Karena ukuran waduk ini memang kecil, tetapi walaupun kecil pemandangan diatas waduk mini sangatlah bagus.

7. Embung Banjaroya Kalibawang
   Wisata alam
Embung Banjaroya Kalibawang ini berupa waduk mini terletak di Desa Banjaroya Kecamatan Kalibawang Kulonprogo Yogyakarta. Embung Banjaroya diresmikan sekitar tahun 2014. Dari atas waduk ini, pengunjung dapat menikmati keindahan alam dengan background Gunung Merapi dan Merbabu.


8. Air terjun Grojogan Sewu

Grojogan Sewu adalah tempat wisata alam yang berupa air terjun yang ada di kulon progo yogyakarta. Grojogan sewu ini terletak di dusun Beteng, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo tepatnya di kawasan Perbukitan Menoreh. Grojogan Sewu dalam istilah bahasa indonesia adalah air terjun seribu, yang katanya air di air terjun ini tidak pernah kering meskipun waktu musim kemarau. Dari informasi warga warga setempat, tempat wisata alam grojogan sewu ini belum lama terkenal, mulai di publikasikan sekitar 2 tahun yang lalu. Walaupun ketika musim hujan air di grojogan sewu ini tetap jernih, tidak keruh.

9. Wild Animal Rescue Center (WRC)
Wild Animal Rescue Center (WRC) berlokasi di Dusun Paingan, Desa Sendangsari, Kecamatan Pengasih, Kulon Progo, Jogja. Cukup jauh kalau dari Jogja karena harus melalui kota Wates terlebih dahulu baru ambil ke arah kanan atau kalau dari arah Godean kebarat sampai perempatan Kenteng Nanggulan ambil ke arah selatan ke arah wates, dari Desa Banyuroto Nanggulan ke arah selatan 2km.
Ditempat ini banyak kegiatan yang bisa dilakukan, tidak hanya mengamati aneka satwa yang diselamatkan. Tetapi banyaknya fasilitas yang ada sangat mendukung berbagai kegiatan terutama yang bersifat outbond atau pelatihan kelompok.
Bukan hanya penginapan / hotel, meeting room, green cottage, outbond center yang telah diperbaiki tapi sarana camping ground juga sangat memadai. Di tempat ini juga telah dilengkapi dengan arena pendidikan lingkungan mulai untuk anak-anak hinga dewasa.
Tentunya akan sangat menyenangkan bisa berada di daerah penggunungan Menoreh sambil beraktifitas dan belajar. Kegiatan seperti seminar atau acara pribadi semisal pernikahan atau perayaan ulang tahun bisa dilakukan ditempat ini.
Wisata yang ditawarkan oleh pengelola WRC melalui Menoreh Green Land (MGL) ini sangat unik karena mengedepankan konsep kesadaran konservasi. Hal ini tentu sangat mendukung kelestarian alam untuk keberlangsungan bumi.


10. Air Terjun Sidoharjo

Air Terjun Sidoharjo merupakan salah satu wisata alam di Kulon Progo yang tersembunyi dan belum banyak dikunjungi para wisatawan.  Air terjun Sidoharjo terletak di Sidoharjo, Samigaluh, Kulon Progo. Air Terjun ini memiliki tinggi sekitar 75 m, cukup lumayan bukan ?Adanya bunga-bunga liar yang tumbuh di sekitar air terjun akan menambah keelokan alam Air terjun Sidoharjo ini. Pada saat-saat tertentu anda juga akan dapat menyaksikan adanya kera ekor panjang yang sedang berkunjung di sekitar air terjun.


11. Goa Maria Sendang Sono
Goa Maria Lourdes Sendang Sono merupakan tempat jiarah umat Katholik yang sudah berusia 1 Abad lebih, terletak lebih kurang 35 kilo meter sebelah barat kota Yogyakarta. Lokasinya berada di Desa Wisata Banjaroya, Kalibwang, Kulon Progo, Yogyakarta.
Nama Sendangsono diambil dari istilah “sendang” yang berarti mata air dan “sono”, merupakan nama suatu jenis pohon. Sendangsono berarti mata air di bawah pohon Sono. Pada bulan Mei dan bulan Oktober, tempat ini selalu ramai dipadati oleh peziarah Katholik dari seluruh Indonesia.

Di kompleks Sendangsono ini ada 4 buah rumah panggung yang bisa digunakan untuk beristirahatbagi para pejiarah, terdapat pula 3 buah kapel: Kapel Tritunggal, kapel Maria (terletak di atas gua, dekat kompleks makam), dan kapel 12 Rasul. Setiap bulan Mei, Oktober maupun musim liburan tempat ini selalu dipadati para pejiarah dari berbagai daerah.

12. Kebun Teh Nglingo
Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta juga memiliki kebun teh dengan pemandangan alam yang sangat menawan. Kebun teh di Kulon Progo ini bernama kebun teh Nglinggo. Kebun teh ini terdapat di Dusun Nglinggo Desa Pagerharjo Kecamatan Samigaluh Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta. Pada saat liburan banyak wisatawan yang berkunjung ke kawasan ini untuk menikmati hamparan perkebunan teh yang berwarna hijau yang indah.

13. Pantai Trisik

Pantai Trisik di Kulon Progo merupakan pantai yang terkenal dengan pemandangan alamnya berupa hamparan pantai yang luas dengan pasirnya berwarna hitam. Pantai Trisik ini dibatasi oleh muara Sungai Progo, salah satu sungai besar yang ada di Yogyakarta. Di Pantai ini terdapat banyak perahu milik nelayan, karena sejak dulu di pantai ini dijadikan sebagai transit perahu nelayan warga setempat. Pada saat-saat tertentu anda dapat menyaksikan secara langsung aktivitas dari para nelayan ini.


14. Pantai Congot

Tempat wisata di Kulon Progo selanjutnya adalah Pantai Congot. Pantai Congot ini letaknya berdampingan dengan Pantai Glagah, sehingga apabila anda sudah sampai di Pantai Glagah alangkah baiknya anda juga sekalian pergi berkunjung ke Pantai Congot ini. Pantai Congot berlokasi di Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Salah satu hal yang mencolok dari Pantai Congot adalah di pantai ini merupakan pusat kegiatan para nelayan dari warga setempat. Jadi di pantai ini anda dapat dengan mudah menjumpai nelayan yang sedang membenahi perahu, menjahit jaring, dll. Nuansa perkampungan nelayan ini menjadi daya tarik tersendiri dari Pantai Congot ini.

15. Gua Maria Lawangsih

Gua Maria Lawangsih  terletak kurang lebih 40 kilometer arah barat dari kota Yogyakarta tepatnya di  wilayah Kecamatan Nanggulan kabupaten Kulon Progo. Lokasinya tidak jauh dari lokasi jiarah Gua Maria Jatiningsih dan Goa Maria Lourdes Sendangsono.

Kekhasan Goa Maria Lawangsih yakni merupakan goa alam kedua di Keuskupan Agung Semarang setelah Goa Maria Tritis Wonosari, Gunungkidul. Suasana alam yang masih alami, jauh dari keramaian kota ditambah suara gemericik air, kicauan burung, tiupan angin, udara yang segar membuat tempat ini menjadi salah satu tempat doa yang saat ini cukup favorit bagi para pejiarah.

16. Kedung Pedut
Obyek wisata Kedung Pedut sesuai dengan namanya menyimpan keceriaan di balik balutan kabut. Di tempat ini anda dapat bermain air dan melakukan kegiatan canyoning dan menjadi waterpark alami. 
Tempat wisata Kulon Progo terbaru lainnya:
17. Goa Kidang Kencono
18. Taman Sungai Mudal
19. Gardu Pandang Gunung Gajah
20. Puncak Gunung Kukusan
21. Puncak Widosari Samigaluh
22. Watu Tekek
23. Air Terjun Curug Setawing
24. Curug Kembang Soka
25. Mangrove Pantai Pasir Kadilangu
26. Gunung Ijo
27. Desa Wisata Banjarasri
28. Desa Wisata Tinalah
29. Desa Wisata Banjaroya
30. Tompak View
31. Taman Wana Winulang
32. Kedung Ingas
33. Curug Siluwok
34. Ancol Kalibawang
35. Makam Nyi Ageng Serang
36. Makam Kyai Simbah Krapyak Tsani
37. Makam Romo JB Prennthaler (Taman Doa Bunda Maria Pelindung Keluarga)
38. Makam Girigondo
39. Arung Jeram Sungai Progo
40. Wisata Towilfiets Sentolo
41. Goa Sriti
42  Canting Mas Puncak Dipowono
43. Goa Maria Lawangsih Naggulan
44. Bukit Isis
45. Pantai Bugel
46. Alun - alun Wates
47. Monumen MBKD
48. Dolan Deso Boro
49. Permandian Clereng
50. Puncak Kuda Sembrani
51. Goa Kebon
52. Gunung Agung
53. Bukit Pethu
54. Kebun Teh Tritis
55. Bale Agung
56. Curug Kedung Ingas
57. Watu Gembel
58. Puncak Widosari Samigaluh
59. Bukit Tibu Tlogolelo
60. Bukit Cendana Kokap
61.Taman Bambu Air Sermo
62. Rumah Sandi Negara
63. Bale Agung Kulon Progo
64. Bendungan Sapon Kulon Progo
65. Akar Liar Sermo
66. Silahkan tambahkan tempat wisata di lokasi anda

Itulah 65 Daftar Obyek Wisata Terkenal di Kulon Progo Yogyakarta yang tentunya sangat menarik untuk dikunjungi dan dapat anda jadikan sebagai destinasi wisata ketika Anda berlibur di Jogjakarta mendatang.

Silahkan anda tambahkan sendiri tempat wisata terbaru di daerah anda melalui via kolom komentar atau kirim via email. Untuk 65 Daftar Tempat Wisata di Kulon Progo selengkapnya silahkan kunjungi situs Wisata Kulon Progo Yogyakarta: JogjaHits.Com
 

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2011-2024 JURUGAN INFO TERBARU 2024 | All Right Reserved | Supported by: MENOREH MEDIA