-->

GUA MARIA SENDANG JATININGSIH

GUA MARIA SENDANG JATININGSIH

Obyek wisata ziarah rohani Katolik Gua Maria  Sendang Jatiningsih Sleman Jogja, terletak kurang lebih 17 kilo meter sebelah barat dari arah pusat kota Yogyakarta. Sebelum dibangun menjadi Gua Maria, dulunya tempat ini bernama Sendang Pusung. Pusung sendiri merupakan singkatan dari kalimat bahasa Jawa “sing ngapusi busung” yang artinya siapa yang berbohong akan terkena tulah. Kemudian namanya diubah menjadi Sendang Jatiningsih yang berarti sumber air dari rahmat Tuhan yang mendatangkan kedamaian.
 
Gua Maria Sendang Jatiningsih merupakan tempat ziarah bagi umat Katolik tidak hanya dari Yogyakarta dan sekitarnya tetapi juga dari berbagai kota di Indonesia. Suasana  alam yang asri, tenang dan damai serta suara aliran kali Progo dan hembusan angin yang sejuk membuat tempat ini dijadikan sebagai salah satu tempat doa yang favorit bagi para pengunjung. 

Di kompleks Sendang Jatiningsih tersebut pada bulan Januari 2012 yang lalu telah dibangun sebuah kapel baru untuk tempat berdoa dimana dalam kapel tersebut terdapat Sakramen Maha Kudus yang diyakini oleh umat Katholik.

Akses ke Goa Maria

Akses menuju lokasi wisata rohani Gua Maria Sendang Jatiningsih cukup mudah, jika dari arah Tugu Jogja, Anda hanya perlu menempuh perjalanan lurus ke arah sebelah barat menyusuri Jalan Godean dan tidak jauh dari sungai Progo. Gua Jatiningsih mudah juga dicapai bagi para peziarah yang berasal dari Magelang, Semarang, maupun Purworejo.

Cukup dengan melintasi jalan raya Kalibawang - Sentolo sampai perempatan Kenteng Nanggulan Kulon progo, lalu berbelok ke timur. Jalan masuk menuju Sendang Jatiningsih dapat ditemukan setelah jembatan Sungai Progo.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2011-2024 JURUGAN INFO TERBARU 2024 | All Right Reserved | Supported by: MENOREH MEDIA