-->

Dampak Mega proyek Bandara Kulonprogo: Harga Jual Tanah Meroket

Dampak Mega proyek Bandara Kulonprogo: Harga Jual Tanah Meroket

Mega proyek Bandara Kulonprogo
Harga Jual Tanah di Temon dan Sekitarnya Meroket

 
WATES - Keputusan memilih titik pusat areal megaproyek bandara pengganti Bandara Internasional Adisutjipto di Palihan, Temon, Kulonprogo, mendongkrak harga penjualan tanah di wilayah yang punya akses langsung ke lokasi tersebut. 

Harga tanah di wilayah Temon yang sebelumnya hanya berkisar Rp 50 ribu hingga 75 ribu per meter persegi, kini sudah mencapai Rp 125 ribu hingga Rp 150 ribu per meter. Harga ini akan semakin terdongkrak seiring dimulainya proyek pembangunan. 

Suwardi, warga asal Yogya yang mengaku tengah berburu tanah di Temon mengakui hal tersebut.  "Kabar pembangunan bandara itu membuat harga tanah melambung, dan kenaikan pasti akan terus berlanjut hingga bandara beroperasi nantinya," kata Suwardi di Temon, Senin (15/8).

Selain efek bandara, Suwardi menilai nilai tanah di Temon juga melambung karena ada proyek penambangan pasir besi dan pelabuhan ikan Adikarto. Tanah yang dicarinya itu akan diberikan kepada anaknya yang saat ini bekerja di Jakarta.

"Sebenarnya saya ingin membelikan tanah untuk anak saya dan sekaligus sebagai investasi jangka panjang," katanya malu-malu. Efek berganda dari beberapa megaproyek di Kulonprogo ini dipastikan akan memengaruhi perekonomian masyarakat sekitarnya. 

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kulonprogo, Langgeng Agus Basuki,  menyebut wilayah yang dekat dengan lokasi pembangunan akan tumbuh menjadi pusat-pusat perekonomian baru. 

Pertumbuhan pusat perekonomian ini secara otomatis akan muncul karena bertambahnya mobilitas ekonomi di dalam masyarakat. "Pembangunan bandara ini pasti akan menimbulkan multiplier i effect, sehingga baik bagi masyarakat," kata Langgeng.

Menurut Lnggeng, wilayah sekitar bandara nantinya pasti akan muncul usaha-usaha baru mulai dari usaha kecil-kecilan hingga restoran dan hotel. Para pemilik modal akan berusaha mencari lokasi yang dianggap strategis untuk membuka usaha baru.
 
 (http://jogja.tribunnews.com/)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2011-2024 JURUGAN INFO TERBARU 2024 | All Right Reserved | Supported by: MENOREH MEDIA