-->

OBAT LUKA BAKAR

OBAT LUKA BAKAR

 CARA MENANGANI LUKA BAKAR


Jangan bermain api, sebab bisa terbakar. Peribahasa ini sering terdengar. Namun bukan arti peribahasa ini yang akan saya bahas, namun mengenai “bisa terbakar”. Ya bila kita terbakar, tentu timbul luka bakar.
Adanya luka bakar di lapisan permukaan kulit bisa terasa lebih sakit daripada luka bakar dalam. Pada luka bakar dalam, biasanya kulit sudah berubah warna menjadi putih dan tidak terasa sakit. Sedangkan luka bakar pada permukaan kulit biasanya menyebabkan kulit berwarna kemerahan dan sangat nyeri.

Derajat Luka Bakar

Tidak semua luka bakar memerlukan pananganan yang sama. Hal ini tergantung pada tingkat keparahannya. Menurut tingkatnya, luka bakar terbagi dalam 3 katagori, yaitu derajat satu, dua dan tiga.

Luka bakar derajat satu

Luka bakar derajat satu mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
  • Paling ringan, luka terbatas pada lapisan kulit paling luar.
  • Berwarna kemerahan pada kulit, terasa nyeri, sedikit bengkak, kulit kering tetapi tidak ada lepuh. Kulit di area yang terkena biasanya berubah pucat jika ditekan. Bisa sembuh sendiri dalam waktu 5-10 hari.

Luka bakar derajat dua

Luka bakar derajat dua mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
  • Kerusakan kulit meliputi kulit paling luar (epidermis) dan sebagian kulit bagian dalam (dermis).
  • Biasanya reaksi radang lebih berat, kulit tampak berair disertai lepuh (gelembung berisi cairan). Permukaan area luka berwarna merah atau pucat, sering terletak lebih tinggi dari kulit normal.
Luka bakar derajat dua yang dangkal dapat sembuh sendiri dalam waktu 10-14 hari. Pada luka bakar derajat dua yang dalam, yaitu bila folikel rambut, kelenjar keringat dan sebasea terkena meski hanya sebagian kecil. Penyembuhannya lebih lama, bisa mencapai satu bulan.

Luka bakar derajat tiga

Luka bakar derajat tiga mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
  • Luka bakar ini Merupakan yang paling berat dan mengenai seluruh lapisan kulit hingga jaringan di bawahnya.
  • Pada kulit tidak ada lagi lepuh dan tidak terasa nyeri karena ujung syaraf rusak. Area kulit yang terkena berwarna abu-abu dan pucat, letaknya lebih rendah daripada kulit normal. Folikel rambut, kelenjar keringat dan sebasea ikut rusak.
Penyembuhan tergantung tingkat keparahan. Pada kasus yang parah, bisa dilakukan transplantasi kulit untuk menggantikan kulit yang hilang. Tapi bila luka tersebut tidak terlalu parah, ada langkah-langkah pertolongan pertama sebelum pergi ke dokter.

Penanganan Luka Bakar

Jika terjadi peristiwa yang menimbulkan luka bakar, terhadap beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertololongan pertama ini bertujuan untuk mencegah luka bakar semakin memburuk akibat perlakuan yang salah.
Pertama, jauhkan dari sumber panas.
Kedua, jangan diolesi cairan seperti odol, minyak goreng, kecap, ataupun minyak tanah karena akan memperdalam luka bakar.
Ketiga, buka keran air atau keran ledeng, lalu alirkan air tersebut ke arah bagian tubuh yang terkena luka bakar selama 10-20 menit. Ini dilakukan untuk menurunkan suhu panas yang diakibatkan luka bakar tersebut. Jangan memakai air es atau es batu atau mencemplungkan diri dalam bak mandi, karena perubahan suhu yang tiba-tiba (antara panas dan dingin), akan memperdalam luka bakar.

Obat Luka Bakar

Untuk pengobatan, jika luka bakar yang terjadi tidak parah (derajat satu atau dua) dapat dilakukan pengobatan sendiri. Tutuplah luka bakar dengan kasa yang bersih. Sebelumnya olesi dengan krim antibiotik seperti Bioplacenton, Garamycin, Salticin, Nebacetin, Dermazin dan lain-lain. Ganti kasa penutup luka setiap hari. hati-hati dalam melakukan penggantian kasa. Jaga kuku tetap pendek sehingga kemungkinan melukai luka bakar kecil. jangan lupa cuci tangan sebelum menangani luka bakar.
Untuk mengurangi rasa sakit, dapat digunakan obat-obat analgesik seperti asam mefenamat (Ponstan, Mefinal). Minumobat ini 3 kali sehari sesudah makan. Jika diperlukan, dapat juga minum antibiotik oral seperti amoksisilin (Amoxsan, Amoxilin) sebagai upaya pencegahan infeksi.
Luka bakar ringan dapat sembuh dalam jangka waktu kurang lebih 10 hari.

Jadi jangan main api jika tidak ingin terbakar…..

(Sumber: http://www.obat-obatan.tk/informasi-obat/derajat-dan-obat-luka-bakar/)
 

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2011-2024 JURUGAN INFO TERBARU 2024 | All Right Reserved | Supported by: MENOREH MEDIA