STRATEGI BISNIS ONLINE - Saat
ini banyak pelaku usaha, terutama yang berskala mikro, kecil, dan
menengah (UMKM), memasarkan produk dan jasanya di internet. Pemasaran
berbasis online (online marketing) semakin marak dengan kehadiran banyak
situs jejaring sosial, seperti facebook dan twitter.
“Online marketing berhasil memotong saluran distribusi, sehingga bisa lebih
efisien bagi penjual maupun pembeli, karena seller dan buyer bisa
langsung bertemu. Ini direct marketing yang bila dikelola dengan baik
akan bisa meningkatkan bisnis pelaku usaha,” ujar Dosen Departemen
Pemasaran Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Airlangga
Surabaya, Gancar Premananto.
![]() |
STRATEGI BISNIS ONLINE |
Gancar
mengatakan, pemasaran berbasis internet memang bisa menjadi peluang
tersendiri bagi pelaku usaha yang masih berskala mikro dan kecil.
Selain lewat blog/situs, pemasaran lewat media sosial juga bisa
dioptimalkan, seperti lewat facebook dan twitter. Dengan cara yang
relatif sederhana, murah, bahkan gratis, tentu UMKM bisa memanfaatkannya
dengan mudah untuk memasarkan produk maupun jasanya.
Selain
di jejaring sosial, cara pemasaran yang bisa digunakan adalah dengan
mengakses situs-situs yang memfasilitasi penjualan produk dan jasa,
seperti tokobagus.com, rumah123.com, mobil123.com, dan sebagainya.
Agar
online marketing bisa sukses, Gancar memberikan sejumlah tips.
Pertama, cara pemasaran yang digunakan harus mudah dipahami oleh semua
kalangan, terutama karena belum semua orang paham teknologi. Misalnya,
cara pembelian dibuat ringkas dan mudah. Jika memakai website atau blog,
bagian-bagian yang ada di website/blog itu harus dibikin sesimpel
mungkin.
Kedua,
mengutamakan kualitas produk. Gancar menggarisbawahi, bantalan dari
pemasaran berbasis online tetap pada produk. Sebagus apa pun konsep
pemasaran online, tanpa ditunjang kualitas produk, tentu akan sia-sia.
Bisa saja produk terjual, namun dalam jangka panjang tren penjualan
pasti menurun karena konsumen merasa tidak puas. “Kualitas harus bagus
juga untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan, karena antara buyer dan
seller kan tidak bisa kontak langsung untuk melihat barang. Buyer
tertarik setelah melihat foto, karena itu kita memang harus memastikan
bahwa produk yang dipasarkan benar-benar berkualitas sesuai harganya,”
jelasnya.
Ketiga,
merespons secara cepat pemesanan pembelian yang dilakukan oleh buyer.
Quick response ini sangat bergantung pada ketersediaan barang yang
dimiliki oleh seller. Jangan sampai ketika pembeli sudah mengirimkan
uang pembelian, ternyata stok barang habis.
“Pemasaran
lewat cara online harus memperhitungkan ketersediaan barang. Pelaku
usaha harus memastikan stok, karena ini berkaitan dengan waktu
pengiriman. Harus quick response untuk menjamin kepuasan pelanggan
sekaligus membangun kepercayaan. Jangan sampai pengiriman lama dan
nanti pembeli malah curiga kena penipuan,” ujar Gancar.
Keempat,
pemasaran online mengharuskan adanya sistem pembayaran yang mudah,
karena pembeli tak bisa bertatap muka dengan penjual. Maka pelaku usaha
harus mempunyai nomor rekening bank. Selain itu, bisa pula menggunakan
fasilitas pembayaran seperti Pay Pal jika skala usahanya sudah besar.
“Bisnis dasarnya adalah trust. Kalau mau sukses ya harus profesional,
jangan ada niat untuk menipu pelanggan,” kata dia.
Kelima,
Gancar menyarankan agar UMKM yang menempuh cara pemasaran online untuk
tidak lupa merawat dan menjaga loyalitas pelanggan. Selain bisa
menggunakan sistem member, upayakan mengirim ucapan selamat kepada
pelanggan saat hari-hari spesial, seperti Lebaran atau ulang tahun.
“Ucapan-ucapan itu bisa dilakukan di facebook, twitter, atau dengan
mengirim e-mail,” kata Gancar.
Keenam,
memperhatikan tren yang disukai oleh pasar atau buyer. Di facebook,
seller bisa melihat tren barang yang disukai oleh calon buyer-nya.
“Misalnya, jika jualan jilbab, bisa diamati foto-foto calon pembelinya,
suka pakai jilbab model seperti apa. Baru kemudian bisa ditawarkan
jilbab-jilbab yang akan dijual,” kata dia.
Ketujuh,
perlu juga dipikirkan agar membuat brosur atau newsletter sederhana
tentang produk-produk terbaru yang dipasarkan melalui blog atau
website. Brosur itu dikirim secara rutin ke e-mail pelanggan. “Itu
untuk menginformasikan produk terbaru karena bisa saja pelanggan tidak
rutin membuka alamat website penjual bersangkutan.”
Sumber:www.menoreh.net
FOLLOW THE JURUGAN INFO TERBARU 2025 AT TWITTER TO GET THE LATEST INFORMATION OR UPDATE
Follow JURUGAN INFO TERBARU 2025 on Instagram to get the latest information or updates
Follow our Instagram