OBAT GATAL ALERGI

OBAT GATAL ALERGI

CARA MENGATASI GATAL KARENA ALERGI


Bila suatu saat anda menyentuh debu, atau bulu binatang dan kemudian terasa gatal, jangan kuatir, anda terserang alergi. Serangan ini, pada sebagian besar kasus, tidak berbahaya, namun sangat mengganggu. Bagaimana tidak, kulit memerah dan terasa panas dan gatal. Istilah medisnya urtikaria.

Bagaimana sih alergi dapat terjadi?

Tubuh kita dilengkapi dengan suatu sistem pertahanan yang disebut sistem imun. Dalam sistem ini, ada suatu zat yang disebut antigen dan antibodi. Tugas dari kedua zat ini adalah melawan zat-zat asing yang masuk kedalam tubuh. Tapi, sistem ini dapat saja tertipu , akibatnya ya… mengganggu.
Bila suatu zat asing kontak, tersentuh atau masuk dalam tubuh kita, dan sistem imun mengidentifikasinya sebagai zat pengganggu, zat tersebut langsung diikat oleh sistem imun. Namun bila pengikatan tersebut menyebabkan beberapa zat dari sistem antigen-antibodi terlepas; histamin, prostaglandin, bradikinin dan serotonin, maka berbagai reaksi khas dapat terjadi, yang disebut reaksi alergi. Bentuk reaksi itu misalnya gangguan dan pelebaran pembuluh darah, atau kontraksi bronkus sehingga dapat memicu asma. Adanya gangguan dan pelebaran pembuluh darah dikulit menyebabkan kulit kemerahan, bentol-bentol, rasa panas dan gatal. Bila terjadi menyeluruh, hiiii…. bisa jadi repot, yaitu syok anafilaktik. Pada keadaan ini bisa menyebabkan pingsan, bahkan meninggal dunia. Takut?? Untungnya syok anafilaktik jarang terjadi. Biasanya syok anafilatik terjadi karena sengatan lebah tertentu atau gigitan serangga beracun, alergi terhadap obat tertentu (biasanya antibiotik) yang diberikan dengan cara disuntikan. Karena itu sebelum disuntik dengan obat tersebut, harus dilakukan tes alergi terlebih dahulu. Jika prosedur tes alergi ini tidak dilakukan, ya namanya mal praktek.

Obat Gatal Alergi

Pada dasarnya obat alergi bekerja dengan cara yang sama , memblokade reseptor histamin. Maksudnya, meskipun histamin dilepaskan pada proses alergi, histamin tersebut akan diacuhkan karena penangkap histamin sudah diblokade sehingga reaksi khas alergi tidak terjadi. Namun pada susunan saraf pusat, hal ini akan menyebabkan penghambatan. Efeknya…kantuk.
Obat alergi yang paling umum adalah CTM, Prometazin, dimenhidrinat, diphenhidramin. Obat ini, selain sebagai anti alergi, juga sebagai obat anti mabuk perjalanan. Na…. efek sampingnya yang kadang ngeganggu, ngantuk! Coba kalau alergi di pagi hari (misal : biduren), kalau minum obat alergi tadi, ya aktivitas jadi terganggu. But… don’t worry, ada anti alergi yang tak menyebabkan kantuk. Berikut nama obatnya :
  • Terfenadin (Rinofed)
  • Astemizol (Lapihis, Proalert)
  • Loratadin (Claritin, Lesidas, Alloris, Clarihis, Inclarin, Klinset)
Obat tersebut nggak menyebabkan kantuk karena sangat sedikit menembus membran otak, sehingga penghambatan sistem saraf pusat tidak berpengaruh besar. Dan yang lebih lumayan lagi, obat ini (loratadin) dapat diminum sekali sehari, karena masa kerjanya yang panjang.

Dah dulu ya….

(Sumber:http://www.obat-obatan.tk/informasi-obat/apa-sih-obat-untuk-gatalalergi/)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2011-2020 JURUGAN INFO | All Right Reserved