Headlines News :
Home » , , » DESA WISATA BANJAROYA KALIBAWANG

DESA WISATA BANJAROYA KALIBAWANG

Desa Wisata Banjaroya (Dewa Bara) adalah sebuah desa di lereng perbukitan Menoreh yang termasuk dalam wilayah Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.  Letak desa ini berada pada jalur wisata Jogjakarta – Borobudur, 8 km sebelah selatan Candi Borobudur dan 24 km dari kota Yogyakarta.

 Embung Banjaroya

Di Desa Wisata Banjaroya wisatawan dapat belajar banyak hal mulai dari mengikuti kegiatan sehari-hari warga seperti bertani, mengolah hasil pertanian sampai dengan menjualnya di pasar.  Selain itu wisatawan juga dapat belajar teknologi pertanian, belajar seni budaya lokal, melakukan kegiatan petualangan (tracking, outbond) dan mengikuti kegiatan-kegiatan adat masyarakat.
Desa Wisata Banjaroya Kalibawang merupakan sebuah kawasan desa wisata dengan karakteristik yang berbeda untuk tiap dusunya. Anda bisa menentukan sendiri lokasi yang ingin anda kunjungi. Bagi yang gemar fotografi, anda bisa mengunjungi bendungan Ancol yang merupakan hulu dari selokan mataram. Bagi yang gemar petualangan, anda dapat menyusuri Sungai Progo ataupun mengadakan kegiatan rafting atau arung jeram atau juga melakukan kegiatan tracking ataupun mengendarai motor trail menyusuri jalan-jalan desa yang asri dan sejuk. Untuk umat Islam yang ingin berziarah bisa mengunjungi Makam Simbah Kyai Krapyak Tsani , Makam Simbah Kyai Banjar ataupun Makam Sentono, sedang bagi umat Nasrani bisa berziarah ke Goa Maria Sendangsono. Tak ketinggalan untuk pecinta buah durian, jangan mengaku pecinta durian kalo belum pernah merasakan nikmatnya durian Banjaroya yang lebih dikenal dengan sebutan durian menoreh.
  
Durian Meoreh Kalibawang khususnya Durian Banjaroya atau sering di sebut durian menoreh adalah durian yang mempunyai ciri khas rasa yang berbeda dibanding duren dari daerah lain. Bagi penggemar duren, kwalitas duren Banjaroya danggap mempunyai nilai lebih  karena rasanya yang  mantab dan aromanya yang  menyengat.  Di Banjaroya terdapat banyak vareitas durian lokal yang  beberapa daiantaranya telah telah ditetapkan sebagai varietas durian unggulan nasional diantaranya Durian Menoreh Kuning dan Durian Menoreh Jambon.
Masa panen buah durian adalah pada bulan September- Feruari. Pada setiap bulan Desember di Desa Wisata Banjaroya diselenggarakan Festival Durian Menoreh Banjaroya Kalibawang Kulon Progo. Kegiatan ini meliputi Kontes Durian, Obral Durian, dan Games. Pengunjung juga agan dihibur dengan  pertunjukan kesenian tradisional.
Embung Banjaroya
Jika anda ingin melihat-lihat kebun durian dan menikmati durian langsung dari pohon petani ataupun ingin mengetahui cara pembudidayaan durian menoreh,  anda bisa menghubungi guide-guide lokal yang akan mengantar anda berkeliling kampung.  Tarif guide  berkisar 50 sampai 75 ribu  dan untuk harga menikmati durian, anda dipersilakan untuk bertransaksi sendiri dengan pemilik kebun.
Diperkirakan 5-10 tahun akan datang Desa Banjaroya siap jadi Wisata Durian Menoreh
Share this article :

TEMPAT WISATA DI KULON PROGO JOGJA

65 TEMPAT WISATA DI KULON PROGO 2018

6 5 Daftar Tempat Wisata Ter baru di Kulon Progo Yogyakarta . Siapa yang tidak kenal Kabupaten Kulon Progo? Adanya rencana pembangunan ...


PAKET WISATA JOGJA MURAH
 


Copyright © 2011 - 2018. JURUGAN INFO - All Rights Reserved
Supported by : MENOREH MEDIA