Headlines News :
Home » » CARA MENGOBATI PENYAKIT DARAH TINGGI SECARA ALAMI

CARA MENGOBATI PENYAKIT DARAH TINGGI SECARA ALAMI

Cara mengobati penyakit darah tinggi secara alami Penyakit tekanan arah tinggi (hipertensi) adalah peningkatan tekanan darah didalam pembuluh darah arteri. Arteri merupakan pembuluh darah yang mengangkut darah dari jantung untuk dialirkan ke seluruh jaringan dan organ tubuh.
 
Secara umum, tekanan darah tinggi (hipertensi) merupakan suatu keadaan tanpa gejala, dimana tekanan darah yang tinggi di dalam arteri menyebabkan peningkatan resiko penyakit jantung (cardiac), penyakit ginjal (renal), pengerasan dari arteri-arteri (atherosclerosis atau arteriosclerosis), kerusakan mata, aneurisma, dan stroke (kerusakan otak). Dikatakan tekanan darah tinggi (hipertensi) jika pada saat duduk tekanan sistolik mencapai 140 mmHg atau lebih, atau tekanan diastolik mencapai 90 mmHg atau lebih, atau kedua-duanya. Pada tekanan darah tinggi (hipertensi), biasanya terjadi kenaikan tekanan sistolik dan diastolik.

Berikut ini beberapa tips untuk mengobati dan mencegah tekanan darah tinggi:
  • Kurangi konsumsi garam dalam makanan Anda. Jika Anda sudah menderita tekanan darah tinggi sebaiknya Anda menghindari makanan yang asin atau banyak mengandung garam.
  • Konsumsi makanan yang mengandung kalium, magnesium dan kalsium. Kalium, magnesium dan kalsium mampu mengurangi tekanan darah tinggi.
  • Tidur yang cukup yaitu sekitar 8 jam perhari untuk orang dewasa serta kurangi bergadang.
  • Jangan terlalu sering minum minuman yang mengandung alkohol. Jika Anda menderita tekanan darah tinggi, sebaiknya hindari konsumsi alkohol secara berlebihan. Untuk pria yang menderita hipertensi, jumlah alkohol yang diijinkan maksimal 30 ml alkohol per hari sedangkan wanita 15 ml per hari.
  • Kurangi minum kopi karena kandungan kafein di kopi jika dikonsumsi berlebihan akan menyebabkan tekanan darah Anda naik, jadi minumlah secukupnya yaitu maksimal 2 cangkir sehari.
  • Olahraga secara teratur bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Jika Anda menderita tekanan darah tinggi, pilihlah olahraga yang ringan seperti berjalan kaki, bersepeda, lari santai, dan berenang. Lakukan selama 30 hingga 45 menit sehari sebanyak 3 kali seminggu.
  • Makan sayur dan buah yang berserat tinggi seperti sayuran hijau, pisang, tomat, wortel, melon, jeruk ataupun buah lain yang sejenis.
  • Perlu relaksasi atau melakukan terapi anti stres agar mengurangi stres dan Anda mampu mengendalikan emosi Anda.
  • Berusahalah untuk berhenti merokok karena berperan besar untuk mengurangi tekanan darah tinggi Anda.
  • Kendalikan kadar kolesterol Anda dengan mengurangi/menghindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi, seperti gorengan, makanan bersantan dan sejenisnya.
  • Kendalikan diabetes Anda, dengan mengurangi makanan/minuman yang manis.
  • Hindari obat/bahan-bahan makanan yang dapat meningkatkan tekanan darah. 
  • Melakukan cek up/konsultasi ke dokter supaya tekanan darah tinggi Anda dapat terkontrol dengan baik.
  • Kendalikan emosi Anda supaya jiwa dan jasmani Anda tetap sehat dan terjauhkan dari berbagai macam penyakit.
Demikian sekilas tentang cara mengobati penyakit darah tinggi/hipertensi, semoga dapat bermanfaat....

Share this article :

TEMPAT WISATA DI KULON PROGO JOGJA

65 TEMPAT WISATA DI KULON PROGO 2018

6 5 Daftar Tempat Wisata Ter baru di Kulon Progo Yogyakarta . Siapa yang tidak kenal Kabupaten Kulon Progo? Adanya rencana pembangunan ...

PAKET WISATA JOGJA MURAH
KONTRAKTOR JASA PENGASPALAN JALAN HOTMIXhit tracker


 


Copyright © 2011 - 2018. JURUGAN INFO - All Rights Reserved
Supported by : MENOREH MEDIA