-->

CARA MENCEGAH KANKER

CARA MENCEGAH KANKER


Meskipun penyebab kanker secara pasti belum diketahui, namun ada baiknya kita perlu mencegahnya. Seperti kata pepatah “mencegah itu lebih baik daripada mengobati" berikut ini beberapa tips mencegah penyakit kanker yang dirangkum dari beberapa sumber.

Cara mencegah Kanker sejak dini:
  1. Mengurangi makanan yang mengandung lemak yang berlebihan.
  2. Usahakan lebih banyak makan makanan berserat.
  3. Konsumsi lebih banyak sayur-sayuran berwarna serta buah-buahan karena mengandung antioksidan sebagai zat penangkal kanker.
  4. Lebih banyak makan makanan segar dan alami.
  5. Usahakan tidak memakan makanan yang telah diawetkan atau disimpan terlalu lama.
  6. Hindari makanan yang diasap dan diasin.
  7. Batasi minuman alkohol
  8. Hindari kebiasaan merokok.
  9. Upayakan kehidupan seimbang dan hindari stress serta periksakan kesehatan secara berkala dan teratur.
Yang diperlukan hanya komitmen dan kemauan untuk menjalankan pola hidup sehat seperti rutin melakukan olahraga, makan secara teratur, tidur terpenuhi dengan cukup, tidak merokok, tidak meminum alkohol, serta gizi terpenuhi. Menurut beberapa penelitian, sekitar 80-90% berbagai macam kanker sangat erat kaitannya dengan makanan yang dikonsumsi sehari-hari.
Hal yang sangat dianjurkan yaitu mengkonsumsi makanan antikarsinogen ini seperti sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung betakaroten, vitamin A, vitamin C dan E.
Selain langkah diatas perlu juga diketahui zat bermanfaat pencegah Kanker: asam folat, vitamin D, kalsium, magnesium, niasin, dan selenium (Se). Selain itu, jangan juga melupakan serat yang bisa mencegah timbulnya kanker kolon. 
 Semoga dapat bermanfaat...

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2011-2024 JURUGAN INFO TERBARU 2024 | All Right Reserved | Supported by: MENOREH MEDIA