Headlines News :
Home » , , , » MOTIF BATIK GEBLEK RENTENG KHAS KULON PROGO

MOTIF BATIK GEBLEK RENTENG KHAS KULON PROGO

Launching Batik Motif Geblek Renteng Khas Kulon Progo

Batik pada jaman dulu hanya dikenal sebagai pakaian khusus untuk lingkungan keraton saja namun saat ini sudah menyebar luas dan digemari oleh masyarakat luas, tidak hanya di Indonesia tetapi juga di manca negara.  Organisasi dunia UNESCO bahkan sudah mengakui bahwa batik sebagai salah satu warisan seni budaya (cultural heritage) bangsa Indonesia yang harus terus dilestarikan  keberadaanya.


Aneka motif baik dari tahun ke tahun semakin berkembang dan beraneka ragam, mulai dari Motif Batik Keraton, Motif Batik Pesisir, Motif Batik Jawa Tengah, Motif Batik Kalimantan, Madura, Jogja, Solo, Pekalongan dan masih banyak lagi. 

Beberapa waktu yang lalu Kabupaten Kulon Progo Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta melaksanakan Lomba Motif Batik Khas Kulon Progo yang diikuti oleh banyak peserta dari berbagai tempat baik dari Kulon Progo sendiri maupun dari luar kabupaten Kulon Progo.  Lomba Motif Batik Khas Kulon Progo tersebut akhirnya dimenangkan oleh Ales Candra Wibawa siswa SMAN 1 Wates dan berhak menerima hadiah sebesar Rp.15 juta, yang diserahkan oleh Bupati Kulon Progo dr. H. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K), selain itu juga diberikan hadiah kepada enam pemenang nominasi dan penghargaan kepada Dewan Juri.

Acara launching Motif Batik Khas Kulonprogo Geblek Renteng yang berlangsung di obyek Wisata Alam Dolan Ndeso Boro di desa Banjarasri Kecamatan Kalibawang pada beberapa waktu yang lalu. Dalam acara tersebut di gelar bersamaan dengan kegiatan Festival Kesenian Rakyat (FKR) yang menampilkan kesenian dari 12 Kecamatan di Kulon Progo.

Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Kulonprogo dr. H. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K), Direktur Pemberdayaan Masyarakat, Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bakri, Dirut SKH Kedaulatan Rakyat dr. Gun Nugroho Samawi, Forkorpimda, Ketua Tim Penggerak PKK sekaligus Ketua Umum panitia lomba disain batik khas Kulonprogo dr. Hj. Dwikisworo Setyowireni, Sp.A(K), mantan Bupati Kulonprogo H. Toyo Santoso Dipo serta pimpinan SKPD di lingkungan Pemkab Kulonprogo.

Dalam acara tersebut dimeriahkan juga dengan peragaan busana batik motif Geblek Renteng oleh beberapa pejabat Kulonprogo seperti Kadinas Budparpora Eko Wisnu Wardhana bersama Camat Sentolo Ir. Aspiyah, MSi yang memakai baju dengan dasar warna merah, Staf Ahli Bupati Dra. Hermintarti, MM yang memakai baju warna dasar Hijau, Kadinas Perindag ESDM Ir. Djunianto Marsudi Utomo dan Kadinas Koperasi UMKM Niken Probolaras dengan dasar warna biru, serta beberapa karyawan pemkab dan siswa baik SD,SMP maupun SLTA. 

Mari kita lestarikan batik sebagai salah satu warisan budaya nusantara yang adi luhung....
Share this article :

TEMPAT WISATA DI KULON PROGO JOGJA

65 TEMPAT WISATA DI KULON PROGO 2018

6 5 Daftar Tempat Wisata Ter baru di Kulon Progo Yogyakarta . Siapa yang tidak kenal Kabupaten Kulon Progo? Adanya rencana pembangunan ...


PAKET WISATA JOGJA MURAH
 


Copyright © 2011 - 2018. JURUGAN INFO - All Rights Reserved
Supported by : MENOREH MEDIA