-->

STRATEGI MENDIRIKAN RUMAH MAKAN PADANG

STRATEGI MENDIRIKAN RUMAH MAKAN PADANG

Langkah-langkah Mendirikan Rumah Makan Padang





rm_padangJika Anda tertarik untuk terjun dalam usaha rumah makan Padang tetapi belum tahu persis apa saja yang harus dilakukan, penjelasan yang disarikan dari paparan Henky Eko Sriyantono berikut semoga bisa menjawabnya secara singkat dan padat. Silakan disimak!

Langkah 1: Susun rencana bisnis
Business plan, begitu istilah populernya, adalah sebuah perencanaan yang biasanya meliputi banyak aspek penting. Beberapa di antaranya ialah lokasi, modal, harga bahan makanan, upah pegawai, perijinan, dan lain-lain.

Langkah 2: Hitung modal awal yang dibutuhkan
Ambil selembar kertas dan kalkulasi modal awal yang diperlukan untuk mendapatkan lokasi dan bangunan yang akan dijadikan rumah makan Padang. Biaya ini bisa berupa biaya sewa atau renovasi tempat. Jangan lupa untuk menyertakan investasi peralatan memasak ke dalam perhitungan.

Langkah 3: Tetapkan harga
Jangan lupa untuk melakukan penelitian kecil untuk mengetahui harga normal berbagai menu di rumah makan Padang lainnya terutama yang lokasinya berdekatan dengan milik Anda. Bila memang terpaksa harus mematok harga lebih mahal, pastikan makanan Anda menawarkan nilai tambah. Nilai tambah itu bisa berupa porsi yang lebih besar, atau variasi menu yang lebih banyak, dan sebagainya.

Langkah 4: Tentukan lokasi
Memilih lokasi yang tepat adalah sebuah kunci keberhasilan usaha rumah makan Padang. Selezat apapun masakan Anda, jika lokasi tempat yang dipilih kurang tepat, usaha bisa tutup. Pilih lokasi yang ramai, mudah dijangkau, dilihat, dan dikenali orang. Kebersihan dan keamanan lokasi juga perlu dipertimbangkan.

Langkah 5: Rekrut pegawai
Setidaknya diperlukan seorang juru masak, seorang pegawai dapur , seorang pramusaji, dan satu pegawai kasir untuk memulai usaha ini. Jika memang dana masih terbatas, tak ada salahnya jika Anda terjun sendiri mengelolanya atau mengajak teman, anggota keluarga untuk bersama mengelola rumah makan. Selain Anda tak perlu melakukan proses perekrutan yang lama dan rumit, Anda juga bisa menyediakan lapangan kerja untuk orang-orang terdekat Anda.

Langkah 6: Laksanakan pemasaran dan promosi
Sebelum membuka rumah makan secara resmi, sebarkanlah selebaran ke masyarakat sekitar lokasi. Cantumkan kapan rumah makan Anda akan buka, di mana alamatnya, berapa diskon yang diberikan jika mereka bersedia menjadi pelanggan di hari pertama pembukaan, dan sebagainya.

Langkah 7: Susun strategi kuasai pasar
Buatlah desain dan konsep yang berbeda dari pesaing. Perhatikan kecepatan layanan dan keramahan yang diperlukan agar bisa terus mempertahankan kesetiaan pelanggan. Diperlukan prosedur yang standar dalam memasak agar cita rasa makanan tidak berubah-ubah . (http://www.ciputraentrepreneurship.com)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2011-2024 JURUGAN INFO TERBARU 2024 | All Right Reserved | Supported by: MENOREH MEDIA