Headlines News :
Home » , » SEKALENG SODA BISA BIKIN REMAJA JADI PEMARAH

SEKALENG SODA BISA BIKIN REMAJA JADI PEMARAH

Perilaku agresif tidak hanya berhubungan dengan kebiasaan minum minuman beralkohol. Pada remaja, sekaleng minuman bersoda tiap hari sudah bisa mengubah perilaku menjadi lebih pemarah dan rentan terlibat dalam berbagai tindak kekerasan.

Sebuah penelitian di jurnal Injury Prevention membuktikan perilaku agresif pada remaja berhubungan erat dengan kebiasaan minum soda. Belum dipastikan adanya hubungan sebab akibat, namun temuan ini menguatkan dugaan bahwa nutrisi bisa mempengaruhi perilaku.

Penelitian itu dilakukan terhadap 1.878 remaja berusia 14-18 tahun dari 22 sekolah negeri di wilayah Boston, Amerika Serikat. Para peneliti mengamati perilaku para responden yang berhubungan dengan kekerasan, lalu membandingkannya dengan kebiasaan minum minuman bersoda.

Dari hasil analisis, didapatkan 2 kelompok responden berdasarkan kebiasaan minum minuman bersoda yakni kelompok high dan kelompok low. Kelompok high meminum minuman bersoda 5 kaleng atau lebih tiap pekan, sedangkan kelompok low minum 4 kaleng atau kurang tiap pekan.

Pada kelompok low, peneliti hanya menemukan perilaku agresif dan kecenderungan tindak kekerasan pada 23 persen responden. Kecenderungan ini diwujudkan salah satunya dengan pengalaman membawa senjata, baik pisau maupun pistol dalam beberapa pekan terakhir.

Sedangkan pada kelompok high, kecenderungan untuk melakukan tindak kekerasan jauh lebih tinggi yakni 43 persen. Ini berarti, cukup dengan minum soda 1 kaleng tiap hari maka perilaku remaja cenderung bisa berubah menjadi lebih agresif dan rentan melakukan tindak kekerasan.

"Penyebab tindak kekerasan pada remaja sangat kompleks, tapi penelitian ini menunjukkan interpretasi sederhana bahwa minuman bersoda ikut berperan," ungkap Prof Peter Kinderman, ahli psikologi klinis dari University of Liverpool yang tidak terlibat dalam penelitian itu, seperti dikutip dari Dailymail, Selasa (25/10/2011).

Hasil penelitian ini juga sejalan dengan beberapa penelitian terdahulu, yang mengatakan bahwa nutrisi yang buruk meningkatkan kecenderungan perilaku antisosial pada remaja. Tindak kekerasan merupakan salah satu bentuk perilaku antisosial, sedangkan minuman bersoda termasuk sumber nutrisi yang buruk.
up/ir)


(detik.com)

Share this article :

TEMPAT WISATA DI KULON PROGO JOGJA

65 TEMPAT WISATA DI KULON PROGO 2018

6 5 Daftar Tempat Wisata Ter baru di Kulon Progo Yogyakarta . Siapa yang tidak kenal Kabupaten Kulon Progo? Adanya rencana pembangunan ...


PAKET WISATA JOGJA MURAH
 


Copyright © 2011 - 2018. JURUGAN INFO - All Rights Reserved
Supported by : MENOREH MEDIA