-->

Harga Emas Terus Melambung Tinggi

Harga Emas Terus Melambung Tinggi


Harga emas terus melonjak di tengah kekhawatiran pelaku pasar soal perekonomian global.


Pedagang emas (VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis)

Harga emas terus melonjak di tengah kekhawatiran pelaku pasar mengenai perekonomian global yang melambat. Emas pada transaksi Senin berhasil mendekati level US$1.900 per ounce.

Harga emas meningkat 16,7 persen pada bulan ini, karena kekhawatiran investor soal adanya potensi resesi AS, masalah utang Eropa dan volatilitas pasar. Sebab, emas dianggap sebagai investasi yang relatif stabil, sehingga investor menggunakannya sebagai pelindung nilai terhadap potensi kerugian dari aktiva lain.

Wakil Presiden Global Futures RBC Capital Markets, George Gero, menuturkan, investor optimistis, menyimpan uang dalam bentuk emas sampai pasar saham stabil. "Jika tidak, emas kemungkinan akan jatuh karena investor memindahkan dananya kembali ke aset berisiko (saham)," kata dia seperti dilansir laman Associated Press.

Gero menambahkan, investor juga menunggu apakah Gubernur Federal Reserve, Ben Bernanke akan membuat pengumuman besar dalam pidatonya Jumat mendatang pada pertemuan Fed tahunan di Jackson Hole, Wyoming.
Tahun lalu, Bernanke dalam pidatonya di konferensi pers mengisyaratkan bahwa pemerintah menyiapkan US$600 miliar untuk membeli obligasi yang dirancang guna merangsang pertumbuhan ekonomi. Itu sebabnya, harga komoditas banyak meroket karena dolar AS melemah terhadap mata uang lainnya.

The Fed diketahui mengakhiri program membeli obligasi Juni lalu, namun pada jangka pendek menetapkan suku bunga acuan mendekati nol. Bernanke mengatakan bahwa Fed siap melakukan lebih banyak lagi, jika perekonomian AS masih lemah.

Emas untuk pengiriman Desember naik US$39,70 menjadi US$1.891,90 per ounce setelah sebelumnya mencapai US$1.899,40 per ounce. Ini adalah kali pertama harga emas mencapai level tinggi. Bahkan, beberapa analis memperkirakan harga emas bisa mencapai US$2.000 per ounce dalam waktu dekat. (art)
(VIVAnews)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2011-2024 JURUGAN INFO TERBARU 2024 | All Right Reserved | Supported by: MENOREH MEDIA