-->

Calon Lokasi Bandara Kulonprogo

Calon Lokasi Bandara Kulonprogo

Tiga Alternatif Calon Lokasi Bandara Kulonprogo
 
WATES - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulonprogo menyiapkan tiga lokasi di kawasan pesisir selatan yang akan digunakan untuk pembangunan Bandara Internasional Kulonprogo.
Ketiga lokasi yang disiapkan berada di barat Sungai Serang di Kecamatan Temon, di timur pelabuhan Tanjung Adikarto di Kecamatan Panjatan, dan di barat Sungai Progo di Kecamatan Galur.

Sekda Kulonprogo, Budi Wibowo mengatakan, ketiga lokasi yang telah disiapkan ini memiliki kelemahan dan keunggulan sendiri-sendiri sehingga untuk menentukan lokasi pastinya harus melalui studi kelayakan.

"Ketiganya berada di pesisir selatan dan juga memiliki keunggulan dan kelemahan sendiri-sendiri. Saya belum bisa menetukan lokasi astinya karena masih menunggu hasi kajian," katanya, Jumat (12/8/2011).

Menurut Sekda, di manapun lokasi yang akan dipilih untuk pembangunan bandara, Pemkab akan siap mendukung dan memfasilitasi pembangunannya. Lokasi yang disediakan ini sebagian merupakan lahan milik penduduk dan juga lahan milik Puro Pakualaman.
Untuk mendukung pembangunan bandara ini, lanjutnya, Pemkab juga sudah menyiapkan dua sumber air yang akan digunakan untuk menyuplai semua kebutuhan air. 

Sumber itu diantaranya waduk Sermo dan Sungai Progo. Kedua sumber ini dinilai memiliki debit air yang memadai untuk menyupali kebutuhan air yang akan digunakan untuk bandara.
Kepala Badan Perencanaan Daerah (Bappeda) Kulonprogo, Langgeng Agus Basuki ditemui terpisah mengatakan panjang lintasan bandara mencapai sekitar 5,4 kilometer. Areal ini untuk landasan maupun sarana prasarana.

Langgeng menambahkan, melihat kondisi Bandara Adisucipta yang sudah tidak mungkin dilakukan pelebaran, proyek bandara di Kulonprogo bisa dimulai pertengahan 2012. Proyek ini investasi bareng PT Angkasa Pura I dengan perusahaan asal India.
 
(http://jogja.tribunnews.com/)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2011-2024 JURUGAN INFO TERBARU 2024 | All Right Reserved | Supported by: MENOREH MEDIA