Headlines News :
Home » , » 5 Buah Penangkal Dehidrasi

5 Buah Penangkal Dehidrasi

Dehidrasi bisa dicegah dengan mengonsumsi buah dengan kandungan air tinggi.


Kiwi hijau dan kiwi gold (dok. zespri)

Salah satu masalah kesehatan yang sering dialami orang berpuasa adalah dehidrasi. Hal ini bisa terjadi karena kurangnya memenuhi asupan cairan baik saat berbuka puasa maupun sahur. Untuk mencegahnya, Anda memang harus memperbanyak konsumsi cairan.

Bukan hanya dengan minum air putih, Anda juga bisa mengonsumsi buah yang mengandung banyak air. Sertakan saja lima buah berikut dalam menu sahur dan berbuka, agar Anda terhindar dari dehidrasi.

1. Semangka

Seperti dilansir Shape, penelitian yang dilakukan pada 2009 oleh tim dari University of Aberdeen Medical School menemukan bahwa kombinasi garam, mineral dan gula alami pada sayur dan buah dapat memenuhi cairan tubuh. Bahkan, lebih efektif daripada minum air putih atau sports drink.
Semangka berada di peringkat pertama, karena kandungan airnya mencapai 92 persen. Selain itu juga mengandung kalsium, magnesium potasium dan sodium, mineral penting bagi tubuh.

2. Paprika
Untuk buah yang satu ini, Anda bisa menjadikannya jus atau campuran masakan. Kandungan airnya mendekati semangka, yaitu 90 persen. Nutrisinya juga tidak kalah, karena mengandung vitamin C, thiamin, vitamin B6, beta karoten, dan asam folat.

3. Grapefruit
Menurut penelitian yang dilakukan tim dari Scripps Clinic di California, kandung zat kimia alami yang terdapat pada grapefruit dapat menurunkan level insulin dan mengontrol hasrat makan. Kandungan airnya juga sangat tinggi. Anda bisa menambahkan irisan grapefruit pada air putih atau menikmatinya dalam bentuk jus. 

4. Terong
Kandungan serat dan air pada terong sangat tinggi, tetapi kalorinya rendah. Ada keuntungan lain yang bisa didapatkan jika Anda mengonsumsi terong, yaitu tubuh lebih langsing karena bisa membantu menurunkan berat badan.

5. Kiwi

Kesegaran kiwi memang bisa langsung meredakan dahaga, apalagi dinikmati dalam keadaan dingin. Kandungan air dalam buah kiwi juga tinggi. Vitamin C pada kiwi lebih banyak 20 persen dibandingkan jeruk dan kandungan kalorinya  hanya 56 kalori. (eh)
 
(VIVAnews)
Share this article :

TEMPAT WISATA DI KULON PROGO JOGJA

65 TEMPAT WISATA DI KULON PROGO 2018

6 5 Daftar Tempat Wisata Ter baru di Kulon Progo Yogyakarta . Siapa yang tidak kenal Kabupaten Kulon Progo? Adanya rencana pembangunan ...

PAKET WISATA JOGJA MURAH
KONTRAKTOR JASA PENGASPALAN JALAN HOTMIXhit tracker


 


Copyright © 2011 - 2018. JURUGAN INFO - All Rights Reserved
Supported by : MENOREH MEDIA